Kesehatan

5 Tips Merawat Kesehatan Mata yang Jangan Sampai Anda Tidak Lakukan

Jakarta, Prokabar – Millenial ini tak hanya pekerja kantoran yang berurusan dengan alat teknologi. Dari anak-anak, pelajar, pekerja, orangtua dan semua masyarakat pengguna media sosial atau para gamer pun kini sudah tak bisa lepas dari gadget.

lalu tahukah Anda, jika terlalu lama bermain gadget dan bekerja di depan komputer, ternyata memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh kita, terutama bagi kesehatan mata.

Seringkali, terkadang kita meremehkan untuk merawat kesehatan mata kita. Padahal, mata merupakan salah satu dari lima indera manusia yang sangat penting untuk dirawat.

Berikut ini terdapat beberapa tips yang sayang jika Anda lewatkan untuk merawat kesehatan mata.

1.Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Wortel, merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan beta karoten yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu disebabkan karena beta karoten merupakan zat anti oksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula (penurunan penglihatan pusat).

 

2.Kurangi penggunaan tetes mata

Sesekali menggunakan tetes mata untuk mengatasi iritasi/mata merah boleh saja. Jangan gunakan tetes mata secara berlebihan, karena akan merusak kesehatan mata Anda.

 

3.Hindari penggunaan kontak lensa selama lebih dari 12 jam

Kondisi jaringan bola mata seseorang akan tahan terhadap pemakaian kontak lensa  itu berbeda-beda. Bahkan tak jarang ada yang memakainya sampai ia tertidur. Tetapi ada baiknya jika Anda Menggunakan kontak lensa tidak melebihi 12 jam, karena dapat menyebabkan kerusakan mata serta ketidaknyamanan pada mata Anda.

 

4.Kompres dengan Mentimun

Taruhlah irisan mentimun yang dingin dan lembut di kelopak mata selama 5-10 menit sebelum tidur pada malam hari untuk memberi efek segar dan mengurangi lingkaran hitam di area kelopak mata.

 

5.Lemparkan Pandangan ke Arah Dinding

Jika mata Anda merasa lelah setelah berjam-jam menatap layar android atau pun PC, lemparkanlah pandangan Anda ke arah dinding yang polos. Pejamkan mata sesaat, lalu pandanglah dinding perlahan untuk mengistirahatkan mata Anda. (rsk)

 

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top