Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

5 Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan

Dibaca : 311

Jakarta, Prokabar – Mabuk perjalanan atau Motion Sickness adalah suatu kondisi di mana ada perbedaan antara gerakan visual dengan sistem vestibular ketika Anda berada dalam kendaraan yang sedang melaju.  Perbedaan tersebut menimbulkan konflik antara mata, propioseptic (tekanan dan posisi pada otot, persendian dan kulit) dan vestibular  (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam). Akibat vestibular terganggu, produksi zat histamin pun merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual, pusing atau muntah.

 

Mabuk perjalanan memang selalu membuat perjalanan tidak menyenangkan. Selain merasakan ketidaknyamanan pada kondisi badan penderita, juga membuat suasana ceria dalam perjalanan menjadi terganggu.

 

Empat Gejala Mabuk Dalam Perjalanan:

  1. Mual dan muntah
  2. Pusing dan sakit kepala
  3. Lemas berkunang-kunang
  4. Keringat dingin

 

Lima Tips Atasi Mabuk Perjalanan :

  1. Makan terlebih dahulu 1-2 jam sebelum perjalanan

Kondisi perut kosong akan membuat asam lambung meningkat. Ditambah jika ada riwayat sakit maag akan semakin memperparah kondisi. Rasa mual yang semakin besar karena perut kosong akhirnya akan memicu mabuk saat perjalanan anda.

 

  1. Hindari makanan minuman yang memicu kenaikan asam lambung

Soda, kopi, makanan terlalu asam dan pedas dapat meningkatkan asam lambung sehingga akan membuat Anda semakin mual ketika perjalanan.

 

  1. Konsumsi obat anti mabuk

Obat-obatan untuk anti mabuk biasanya mengandung zat yang dapat membuat seseorang menjadi mudah mengantuk. Ketika mereka mengantuk otomatis sensor otak mata dan telinga yang seringkali bertentangan ketika dalam perjalanan menjadi tidak bekerja semestinya, harapannya hal tersebut membuat seseorang terhindar dari mabuk.

 

  1. Istirahatlah ketika Lelah

Jangan paksakan perjalanan jika kondisi tubuh kurang fit atau jangan ragu untuk meminta sopir sekedar istirhat sebentar di rumah makan, atau SPBU untuk sekdar buang air kecil. Waktu istirahat walau hanya sebentar akan membuat otak kembali fresh dan segar sehingga siap untuk melanjutkan perjalanan kembali.

 

  1. Jauhkan HP dan Buku

Hindari melakukan aktivitas seperti membaca atau bermain handpone ketika di dalam kendaraan, karena bagi yang mudah mabuk hal tersebut dapat semakin membuat sensor visual, vestibular, dan proprioseptif  menjadi kacau sehingga membuat Anda semakin mabuk. Lebih baik dengarkanlah lagu, tidur atau carilah teman  ngobrol selama perjalanan (rsk)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top