Daerah

386 Caleg Limapuluh Kota Belum Aman

Dibaca : 1.2K

Limapuluh Kota, Prokabar – Selain temuan bakal calon legislatif ganda, KPU Limapuluh Kota menemukan fakta-fakta mengejutkan selama proses verifikasi bakal calon anggota legislatif 2019-2024 yang akan berakhir 31 Juli mendatang.

Dari 482 caleg yang didaftarkan sementara oleh seluruh partai politik, kecuali PKPI, ternyata baru 96 orang yang dinyatakan lengkap berkasnya. Sisanya, sebanyak 386 belum melengkapi berkas administrasi.

Adapun bentuk temuan KPU, mulai dari perkara caleg ganda, ijazah hilang, hingga anggota DPRD lompat partai.
“Kemudian, masih banyak pihak yang harusnya mengajukan surat mundur, tapi belum mundur,” kata Komisioner KPU Limapuluh Kota, Amfreizer, Selasa (24/) dihubungi Prokabar.

Mantan wartawan Metro TV ini menyebut, pihak-pihak yang harus mundur dari instansi dan lembaga sebelumnya, seperti walinagari, ketua maupun anggota bamus, tenaga PKH Dinas Sosial, ANS maupun non ANS yang menikmati tunjangan dari keuangan negara.

Kemudian, dalam proses verifikasi ini pula, KPU menemukan jika anggota DPRD aktif dari partai tertentu, pindah parpol dan diusung parpol lain. “Harus ada surat pengunduran dirinya juga. Kalau tidak, kita coret,” jelas Amfreizer.

Dari hasil verifikasi yg ditemukan, ada caleg ganda, ijazah yang tidak ada, surat mengundurkan diri dari instansi tertentu yang tidak ada, tidak dilengkapi foto terbaru dan terdapat perbedaan nama antara KTP dan ijazah.

KPU kembali menegaskan, di masa perbaikan ini, parpol hanya melengkapai persyaratan yang belum lengkap dan memperbaiki dokumen yang belum memenuhi syarat.

KPU menghimbau partai politik, segera meminta kandidat calegnya melengkapi berkas. “Semasa perbaikan tidak lengkap, akan kami coret,” demikian Amreizer. (vbm)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top