Artikel

​Masjid Raya Sudahkanlah Cepat

PADANG-PROKABAR. Masjid Raya Sumatera Barat nan rancak itu sudahkanlah cepat. Hari mau puasa pula.

“Kalau bisa selesai jelang puasa ampu balenggek untuk Pak Gubernur kita,” sebut Akmal seorang warga Air Tawar Padang, pada prokabar.com, Minggu (14/05/2017)

Bak gayung bersambut Gubernur Irwan Prayitno dalam cuitannya di twittet menyebut: Wajah Masjid Raya Sumbar terbaru, setelah fase renovasi. Kini tahap pembangunan sudah 80 %.

Masjid ini mulai dibangun semasa Gubernur Gamawan Fauzi dan giat dibangun semasa Gubernur Irwan Prayitno.

Inilah masjid dengan desain yang unik. Catatan prokabar.com perancangnya  arsitek Rizal Muslimin. Ia pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007. Dari ratusan peserta, 71 desain masuk sebagai nominasi dan diseleksi oleh tim juri yang diketuai oleh sastrawan Wisran Hadi. Konstruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatera Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar. 

Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad. Ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berselisih pendapat mengenai siapa yang berhak memindahkan batu Hajar Aswad ke tempat semula setelah renovasi Kakbah, Nabi Muhammad memutuskan meletakkan batu Hajar Aswad di atas selembar kain sehingga dapat diusung bersama oleh perwakilan dari setiap kabilah dengan memegang masing-masing sudut kain.

Kini masjid itu berdiri gagah di Jalan Khatib Sulaiman, Padang. (eda)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Berikan Komentar

To Top