Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

​Iriana Jokowi Pesan Baju Bundo Kanduang ke Nevi Irwan Prayitno

Dibaca : 1.9K

Jakarta, Prokabar – Perayaan Hari Ulang Tahun RI ke 72 ada yang berbeda. Jika sebelumnya Presiden memakai jas resmi, dan ibu negara memakai kebaya, tahun ini orang nomor satu di Indonesia pakai baju adat daerah. Jokowi tampil mengenakan pakaian adat Kalimantan Selatan dan Iriana memilih memakai Baju adat Sumatera Barat, lengkap dengan tangkuluak. Pakaian Iriana itu biasanya pakaian Bundo Kanduang di Ranah Minang.
Ternyata baju yang dipakai oleh Iriana dipesan langsung kepada istri Gubernur Sumbar, Nevi Irwan Prayitno. Nevi mengirim tiga baju sekaligus kepada ibu negara. 

“Bangga lihat istri Presiden memakai baju Bundo Kanduang yang dipilih dan dikirim langsung oleh Buk Nevi IP,” jelas Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal di salah satu grup WA.

Bundo kanduang dalam masyarakat minang adalah gelar yang disematkan kepada perempuan Minangkabau yang dihormati oleh masyarakat. Dalam pepatah minang Bundo Kanduang adalah limpapeh rumah gadang.

Tidak hanya Iriana Jokowi, Mufidah Jusuf Kalla juga mengenakan pakaian bundo kanduang. Selain itu istri ketua DPD RI Osman Sapta Odang, juga terlihat anggun mengenakan baju adat Sumatera Barat. Sementara mentri hingga paspampres juga memakai baju adat daerah di Indonesia.

Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia,” tutur Jokowi, seperti yang dikutip dari detik.com. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top