Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

​Bunda, Jangan Suapi Anak Anda Makanan Ini.

Dibaca : 1.2K

Jakarta, Prokabar – Bagi anda yang memiliki bayi, setiap hari adalah hari hari indah, melihat perkembangan bayi anda. Untuk tetap tumbuh dan sehat, tentu saja butuh asupan gizi.Tapi ingat, tidak semua makanan yang biasa kita konsumsi, baik bagi tubuh bayi anda. Apa saja makanan yang seharusnya tidak diberikan ke bayi?
1. Garam

Asupan garam yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan ginjal bayi. Ginjal bayi tidak memiliki proses pencernaan yang lebih lengkap, untuk mencerna garam. supan Garam berlebihan ini berbahaya bagi perkembangan ginjal anak. Jika ingin memncoba memberikan garam, sebaiknya bunda memberikan pada bayi diatas 1 tahun. itupun dengan takaran yang sedikit. selain tidak sehat untuk ginjal, memberikan garam pada makanan tambahan, juga akan membuat selera makan bayi anda berkurang. Apalagi setelah itu diberikan makanan dengan rasa hambar.
2. Gula

Pada dasarnya, bayi tidak membutuhkan asupan gula sama sekali. Karena dalam ASI asupan gula sudah tercukupi dengan baik. pemberian gula yang berlebihan juga akan menyebabkan kerusakan gigi pada anak. 
Jika diperlukan, Anda bisa menambahkan pisang tumbuk, ASI, atau susu formula yang menambah rasa manis pada makanan anak.

3. Telur

Telur mentah maupun matang, sebaiknya tidak diberikan kepada bayi dibawa usia 6 bulan. Telur ini bisa memicu alergi kepada bayi, sehingga membuat bayi tidak nyaman. putih telur memiliki kandungan protein yang tidak dapat berubah menjadi asam amino, sehingga tidak terserap oleh darah. Inilah yang memicu reaksi alergi. Sedangkan kuning telur, tidak direkomendasikan karena proteinnya sangat tinggi.
Pemberian telur, baru dianjurkan pada bayi diatas satu tahun. Syaratnya, telur harus dimasak sampai matang, dan usahakan hanya memberikan telur ini satu kali satu minggu saja.
4. Madu

Walaupun madu memiliki nilai gizi dan vitamin yang tinggi, tapi untuk bayi, bunda seharusnya tidak memberikan asupan madu kepada bayi anda. Apa sebab?  Karena madu mengandung botulisme, yaitu  terjadi pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum di usus halus bayi. Madu juga dapat menyebabkan bayi mudah lesu, kurang nafsu makan dan sembelit. 

5. Gandum

Gandum juga merupakan salah makanan yang  tidak boleh dikonsumsi bayi.  Selain tidak dapat dicerna dengan baik oleh bayi, kandungan gluten pada gandum dapat bersifat alergen. Sehingga hal ini akan menyebabkan alergi. Tak hanya itu saja, gandum juga dapat menyebabkan sembelit, diare, kulit ruam dan juga kesulitan tidur karena rasanya nyaman pada perut bayi.
6. Susu Sapi

Susu sapi tidak baik untuk anak-anak kecil karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencerna lemak yang ada dalam susu sapi. Ketika dikonsumsi, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bayi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memberi bayi dengan ASI sampai usia 1 tahun.

7. Makanan Bayi Instan

Tidak ada yang lebih baik, selain makanan alami. Bubur instan yang tersedia sangat banyak di warung maupun super market, sebenarnyasudah melalui uji makanan yang tinggi. Tapi tetap saja, makanan yang diolah sendiri oleh Bunda adalah makanan terbaik untuk bayi. Apalagi membuatkan makanan itu, penuh dengan kasih sayang. Jadi Bunda tak perlu malas lagi membuatkan makanan untuk bayi anda. (lisa)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top