Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Wisatawan Bencana Lalu Lalang, Hambat Pemulihan Pasca Banjir Bandang

Dibaca : 469

Tanah Datar, Prokabar – Empat unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan material lumpur dan batu yang memutus arus lalu lintas Padang Panjang Solok via Malalo pasca banjir bandang di Kenagarian Padang Laweh Malalo, jumat (17/1). Dua alat berat merupakan milik dinas PU Tanah Datar, satu alat berat milik dinas PU provinsi dan satu lagi milik warga setempat.

Selain alat berat, pemadam kebakaran Tanah Datar juga mengerahkan empat unit mobil pemadamnya, yang juga diperuntukan guna membersihkan material lumpur baik di badan jalan, maupun di dalam rumah warga yang terdampak bencana.

Sunario, Kabid Pemadam Pol PP Damkar Tanah Datar mengatakan jika sesuai instruksi Bupati, Irdinansyah Tarmizi, pembersihan pasca banjir bandang diprioritaskan pada akses jalan. Petugas menargetkan, pada Jumat sore (17/1) akses utama warga dua nagari itu dapat berjalan normal.

“Disamping kita membersihkan badan jalan dari lumpur, petugas juga membersihkan rumah warga yang terdampak bencana,” ucap Sunario.

Lebih lanjut Sunario mengatakan, jauhnya suplai air menjadi kendala yang dihadapi petugas dalam pemulihan Akses utama warga tersebut. Selain itu, keberadaan wisatawan bencana atau orang yang tidak berkepentingan di okasi bencana juga menjadi penghambat petugas dalam membersihkan material lumpur.

“Kendalanya, selain mendapatkan suplai air yang jauh ya, masyarakat yang lalu lalang di lokasi ini menjadi kendala kita juga,” tutupnya.

Meski demikian, pemadam kebakaran menargerkan, pada minggu mendatang, seluruh pemukiman warga yang terdampak bencana dapat dibersihkan oleh petugas gabungan, BPBD, Damkar,dan TNI Polri.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top