Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Pembersihan Akses Jalan Dilakukan, Ancaman Banjir Bandang Masih Tetap Ada

Dibaca : 243

Tanah Datar, Prokabar – Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar mulai melakukan pembersihan terhadap material banjir bandang yang melanda Jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh malalo kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar, Jumat (17/1).

Dinas PU setidaknya mengerahkan dua unit alat berat untuk mengangkat batu dan lumpur yang menutupi jalan provinsi Padang Panjang-Solok via Malalo itu.

Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariadi mengatakan, jika pembersihan akses jalan merupakan priorits penanganan awal. Pasalnya, jalan ini menghubungkan dua nagari, Nagari Guguak Malalo dengan Nagari Padang Laweh.

“Kita saat ini prioritaskan dulu pembersihan jalan. Karena ini akses warga. Biar jalan normal dulu. Setelah itu, kita akan lanjut ke penanganan berikutnya berkordinasi dengan BPBD,” ucap Kapolres.

Sugeng juga mengatakan, sampai saat ini belum bisa memastikan penyebab dari banjir bandang ini. Meski demikian, nantinya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut secara bersama sama.

Saat ini, petugas dari BPBD dan TNI/Polri lebih memfokuskan pada rehabilitasi daerah terdampak bencana dengan berkordinasi dengan pemerintah kabupaten Tanah Datar.

“Kita belum bisa menentukan penyebabnya. Yang kita khawatirkan saat ini, di hulu masih ada air yang menumpuk dan terhambat oleh bebatuan. Jika batu penahannya lepas, maka banjir akan terjadi lagi.,” tutup Kapolres.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top