Daerah

Konferensi V PWI Padang Pariaman, Wujudkan Jurnalis Berintegritas

Dibaca : 318

Pariaman, Prokabar – Puluhan jurnalis di Padang Pariaman dan Kota Pariaman yang bergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  menggelar Konferensi V  Padang Pariaman, Sabtu (28/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor PWI Kampung Balacan, Kelurahan Pondok Duo, Pariaman Tengah, Sumbar tersebut dihadiri Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, Sekretaris PWI Sumbar Widia Naves bersama Gusfen Khairul, Sekdako Pariaman, Indra Sakti beserta seluruh wartawan aktif di Pariaman dan Padang Pariaman.

“Sejak Reformasi dan kebebasan pers yang kebablasan, menjamurnya Pers dan Wartawannya. Dewan Pers mendata 45 ribu media, 5 ribu diantaranya adalah media online. Akibatnya, Pemerintah Pusat dan Dewan Pers kesulitan menertipkannya,” kata Ketua PWI Sumbar saat memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan kegiatan tersebut.

Berdasarkan khusus organisasi PWI, jurnalis yang bisa mengikuti Porwarnas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) hanya yang telah mengikuti dan lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). “Mereka yang telah mengikuti UKW sudah sangat ketat untuk memahami Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” ungkapnya.

Hakikatnya lanjut Heranof, jurnalis profesional adalah pelindung dan pencerdas masyarakat serta penangkal berita-berita tidak benar atau Hoax. “Oleh sebab itu, wartawan yang bekerja harian tersebut sudah selayaknya memahami kaedah atau dasar-dasar jurnalistik,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti sekaligus wartawan senior, Harian Singgalang menyebutkan tidak ada wartawan yang pensiun. Dan wartawan yang bekerja sehari-hari memang harus terkontrol sehingga tidak melanggar aturan Undang-undang Pers dan Kode Etik.

“Setelah terkabung dan terangkul di PWI, penting penyamaan pendapat dan kesepahaman dalam menjalankan profesi jurnalistik,” tutur Indra Sakti.

Dirinya juga menegaskan agar seluruh wartawan, baik anggota aktif maupun yang belum anggota PWI wajib Ujian Kompetensi Jurnalistik. “Dan UKW ini sudah menjadi tanggungjawab moril Ketua PWI Padang Pariaman untuk memperjuangkannya selama memimpin,”kata Indra.

Ketua PWI Padang Pariaman, Ikhlas Bakhri juga menjelaskan masa jabatannya sudah berakhir saat konferensi ini. “Banyak sudah program dengan kebersamaan dilakukan PWI Padang Pariaman beserta wartawan harian lainnya. Meski terjadi perbedaan pendapat, namun hal tersebut tidak menjadi persoalan,” kata Ikhlas.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top