Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Basarnas dan BPBD beri Pembekalan kepada Anggota Satpol PP Padang

Dibaca : 181

Padang, Prokabar — Puluhan Pasukan Penegak Perda Pemko Padang beberapa hari kedepan edukasi terkait dalam menghadapi resiko bencana mengingat Kota Padang rentan terhadap ancaman bencana alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, kebakaran dan lain-lain. Senin (20/7).

Bencana bisa mengintai siapa saja. maka dari itu, selain melaksanakan tugas sebagai Penegak Perda, Satpol PP perlu juga diberikan materi-materi untuk meningkatkan kapasitas akan cerdas menghadapi bencana.

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Walikota Padang yang diselenggarakan di Pelataran Parkir depan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang. Selain itu, dalam pembukaan tersebut juga turut hadir Kepala BPBD Barlius.

Walikota Padang membuka secara resmi acara pelatihan ini, dalam kesempatan tersebut ia mengatakan bahwa perlu kesadaran dan pemahaman terhadap personil Satpol PP agar bisa berperan dalam penanggulangan bencana mengingat Kota Padang rawan terhadap resiko bencana.

Walikota Padang mengatakan, kota ini memiliki kerawanan bencana yang tergolong tinggi seperti banjir, puting beliung, gempa bumi dan tsunami. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran untuk siaga dalam bencana tersebut.

“Seperti kita ketahui Padang tergolong rawan bencana. Melalui latihan kesiapsiagaan bencana diharapkan menumbuhkan kesadaran tersebut,” ujar Mahyeldi.

Selanjutnya, Mahyeldi berharap peserta latihan kesiapsiagaan bencana ini mengikuti dengan serius sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat dan bisa memberikan pertolongan kepada orang lain.

“Saya berharap, peserta mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya. Ilmu yang diperoleh mampu untuk memberikan pertolongan terhadap diri sendiri, keluarga dan warga Kota Padang ketika bencana benar-benar terjadi,” tukas Walikota Padang.

Sementara itu, Kasat Pol PP Padang menyampaikan kepada seluruh personil agar dalam pelatihan ini seluruh anggota mengikuti dengan serius sehingga apa yang didapat selama pelatihan bisa diaplikasikan ditengah tengah masyarakat.

“Pelatihan SAR dan Kebencanaan Anggota Satpol PP oleh Badan SAR Nasional dan BPBD diagendakan selama lima hari. Mereka akan dibekali baik materi maupun Praktek. Kasat Pol PP menyampaikan, bahwa kegiatan ini harus berkelanjutan dan terjalin terus kerja sama antara Pol PP dan Basarnas”, ucap Alfiadi.

Sementara itu, Ketua Instruktur dari Basarnas menyampaikan bahwa Personil Satpol PP akan dilengkapi ilmu pertolongan pertama dan penyelamatan di air yang akan dipraktekan di Bandar Kanal Gor H. Agus Salim, jelasnya. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top