Daerah

2019, Baznas Pasaman Targetkan Retribusi Zakat Rp6 miliar

Dibaca : 324

Pasaman, Prokabar — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasaman targetkan retribusi zakat Rp6 miliar. Ini target sepanjang tahun 2019. Target ini jauh naiknya dibanding tahun 2018 lalu. Dimana retribusi zakat ditargetkan Rp5 miliar dan tercapai.

“Alhamdulillah semakin hari, kesadaran masyarakat Pasaman untuk membayar zakat sangat tinggi. Bayangkan saja, hingga April 2019 ini, dana zakat yang terkumpul mencapai 1,7 miliar,” kata Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal, Kamis (23/5).

Zakat Rp1,7 miliar ini berasal dari Januari sekitar Rp412 juta, Februari Rp415 juta, Maret Rp421 juta dan April Rp483 juta.

“Jika tercapai Rp6 miliar, dana tersebut bakal disalurkan kepada sekitar 25 ribu mustahiq di Pasaman. Sejak tahun 2016 kami baru bisa menyalurkan kepada 13.400 orang mustahiq zakat,” katanya.

Bahkan diakui Syagrizal, dengan dana zakat tersebut, pihaknya secara tidak langsung sudah ikut serta membantu Pemda setempat dalam pengentasan masalah sosial, pendidikan dan kesehatan bagi warga miskin.

“Ada lima program unggulan Baznas yang kami telurkan sejak tahun 2017 lalu yaitu program Pasaman sejahtera dengan memberikan bantuan kepada fakir atau jompo, bantuan keluarga miskin dan bantuan modal usaha. Kedua, program Pasaman sehat, bantuan berobat, Pasaman cerdas, beasiswa, Pasaman peduli meliputi bantuan bedah rumah, korban bencana dan bantuan untuk musafir. Kemudian yang terakhir yaitu Pasaman Imtaq bantuan untuk musafir dan muallaf,” tegas Syafrizal.

Untuo mencapai terget tersebut, pihak Baznas Pasaman meminta kepada muzakki untuk menyetorkan zakatnya ke Baznas setempat. Sebagaimana sudah diatur dalam UU Zakat Nomor 23 Tahun 2011 dan PP Nomor 14 Tahun 2014 serta Perda Pasaman Nomor 13 Tahun 2007. Agar bisa disalurkan kepada mereka yang belum mendapatkan bantuan zakat di Pasaman. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top